Epoxy-Mortar

Apa itu Epoxy Mortar dan Bagaimana Fungsinya?

Apa solusi yang tepat untuk permukaan lantai beton pabrik yang rusak? Kerusakan seperti lantai retak dan berlubang memang harus segera diatasi. Salah satu cara yang cepat dan tepat adalah dengan mengaplikasikan epoxy mortar pada lantai.

Epoxy lantai mortar ini membangun sistem lantai dengan bantuan zat resin epoxy yang disempurnakan kemampuannya. Khususnya dengan menambahkan bahan yang memiliki ketahanan ekstra terhadap benturan, beban, dan tumpahan zat kimia. Selain itu, epoxy jenis ini tidak butuh lama untuk mengering.

Apa Itu Epoxy Mortar?

Epoxy mortar adalah campuran bahan yang berfungsi mengisi ruang dalam suatu bangunan, baik keretakan maupun lubang. Pengaplikasiannya dalam bentuk adonan dan akan menjadi padat setelah mengering. Memiliki sebutan mortar karena memiliki daya tahan yang mumpuni terhadap benturan.

Istilah mortar dalam pekerjaan epoxy adalah proses pelapisan permukaan lantai beton dengan mortar epoxy. Bahan ini kerap kali butuhkan sebagai alas sebelum menimpa beton dengan lapisan cat. Bahan mortar ini memang dibutuhkan dalam kondisi tertentu, misalnya ketika lantai mengalami retak.

Komposisi mortar epoxy yaitu zat kimia resin epoxy dan dicampur pasir silika dan hardener. Campuran bahan tersebut menggunakan takaran yang disarankan agar hasilnya kokoh dan kuat. Penggunaan bahan mortar ini agar permukaan lantai memiliki tarikan dan tekanan yang maksimal.

Diperkirakan daya tekan mortar epoxy 5 mm lebih kuat dibanding mortar semen setebal 5 cm. Dalam hal ini, mortar epoxy unggul karena memiliki zat perekat.


Keunggulan Epoxy Mortar

1. Memperbaiki Keretakan

Permukaan lantai beton  bisa diperbaiki dengan mudah menggunakan zat resin ini. Hal ini karena kandungannya yang berupa pasir kuarsa dan pasir silika.

2. Sebagai Pelapis Struktur Beton yang Rapuh

Struktur beton yang mudah rapuh memang membutuhkan lapisan khusus, agar tahan benturan dan kerusakan lainnya. Dengan bahan yang dikenal kokoh, mortar epoxy bisa menjadi pelapis yang tepat agar beton tidak mudah rapuh.

3. Mengatasi Lubang dan Meratakan Lantai

Permukaan lantai yang sudah lama mengalami kerusakan memang harus diatasi dengan teknik yang tepat. Sistem mortar epoxy sangat efektif untuk memperbaiki lantai yang berlubang. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai leveling karena permukaan lantai beton yang bergelombang dan tidak rata.

4. Bersifat Waterproofing

Mortar epoxy terbuat dari 100% bahan padat silika dan hardener. Komponen inilah yang akan menutup celah pada permukaan lantai beton yang retak. Permukaan lantai beton menjadi waterproofing karena dilapisi epoxy yang tepat.

5. Mengatasi Kerusakan pada Pembesian Beton

Kerusakan pembesian pada beton bisa saja terjadi, sehingga membuatnya rapuh. Salah satu cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan mortar epoxy. Zat ini memiliki kemampuan perbaikan silo pada beton. Dengan demikian, sistem pembesian pada beton akan kuat kembali.

6. Menguatkan Rail atau Jalur

Saat membuat struktur permukaan lantai beton, tentu Anda juga mendapati rail atau jalur. Penguatan jalur ini bisa dilakukan dengan menggunakan mortar epoxy. Kandungan bahan kokoh dan padat di dalamnya bisa menguatkan jalur permukaan lantai dengan baik.

7. Memperbaiki Sisi Anak Tangga

Dengan pengaplikasian yang tepat, sisi anak tangga yang mengalami kerusakan bisa diatasi dengan mudah dengan epoxy ini. Mortar epoxy akan menutupi celah dengan baik, sehingga anak tangga menjadi lebih kokoh.

8. Mengatasi Kerusakan dari Bahan Kimia

Kerusakan permukaan lantai beton karena bahan kimia juga bisa diatasi dengan jenis epoxy ini. Tak heran pelapisan zat resin ini diperlukan di area industri yang rentan dengan bahan kimia.


Cara Kerja Epoxy Mortar

Cara kerja mortar epoxy ini adalah dengan mengaplikasikannya di permukaan lantai setebal 3-10 mm. Jenis epoxy lantai ini akan bekerja dengan baik, sehingga sangat cocok digunakan di manufaktur tanaman, gudang, kamar mekanik, garasi, dapur komersial, dan area yang sering dilewati forklift.

Adonan mortar epoxy yaitu berupa zat resin epoxy, hardener, dan pasir silika. Campuran tersebut diaplikasikan untuk menambal lantai beton yang bolong atau retak. Selain itu, pengaplikasian juga bisa dilakukan ke seluruh lantai agar permukaannya menjadi rata tidak bergelombang.

Dalam pengaplikasian mortar epoxy tidak direkomendasikan menggunakan adonan semen mortar. Hal ini karena mortar semen yang berusia tidak lebih dari satu bulan memiliki daya serap yang tinggi terhadap zat cair.

Jika dilapisi mortar epoxy, zat resin ini akan terserap habis ke dalam semen mortar tersebut. Apabila Anda menghendaki permukaan lantai  yang kuat, penggunaan epoxy jenis ini merupakan pilihan tepat. Bahkan epoxy lantai jenis ini bisa menahan beban lebih dari 7 ton di permukaan lantai.


Bedanya dengan Semen Mortar

Semen mortar menggunakan campuran pasir, zat pengikat seperti beton atau kapur, dan air. Bahan-bahan tersebut yang menjadi bahan dasar adonan semen mortar yang tebal dan keras.

Semen mortar membangun ikatan yang kokoh antara batu bata di sebuah konstruksi. Hal ini untuk mencegah kelembaban dan zat cair masuk ke dalam struktur bangunan.

Sedangkan epoxy lantai mortar dibuat dari kombinasi bahan resin  kimia, hardener, silika, dan pigmen warna. Campuran tersebut diaplikasikan pada permukaan lantai beton yang sudah siapkan. Selain itu, proses pengeringan sangat cepat untuk memperbaiki kerusakan lantai beton.

Semen mortar membutuhkan waktu yang lama untuk mengering sempurna, bahkan hingga 28 hari. Sementara itu, epoxy lantai mortar akan mengering di suhu 15-20 celcius dalam waktu 5-6 jam saja.

Mengaplikasikan epoxy mortar memang solusi terbaik untuk memperbaiki kerusakan permukaan lantai beton.

Selain itu, lapisan ini lebih mudah mengering dan tahan terhadap benturan, cairan, hingga tumpahan bahan kimia. Oleh karena itu, epoxy ini sangat cocok diterapkan di area industri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *