Jenis-Jenis Epoxy Lantai

Yuk kenali jenis-jenis epoxy lantai agar hasilnya nanti sesuai dengan ekspektasi Anda. Misalnya, self levelling atau mortar? Agar sesuai cek infonya disini.


Ada banyak cara untuk membuat rumah idaman Anda semakin menarik. Salah satunya adalah penggunaan epoxy pada lantai. Jenis-jenis epoxy ini pun beraneka ragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan ataupun selera.

Epoxy merupakan salah satu jenis bahan resin kimia yang didapat dari reaksi polimerisasi epoksida. Zat ini digunakan sebagai pelindung karena memiliki daya rekat dan kekuatan yang mumpuni. Tak heran jika banyak yang mengandalkan zat ini sebagai pelindung dan untuk mempercantik lantai.

Resin epoxy memiliki sejumlah kelebihan, sehingga banyak dipilih. Bahan resin ini memiliki ketahanan yang baik terhadap bahan kimia, sifat isolasi, sifat dielektrik, stabilitas dimensi, penyusutan rendah, dan ketahanan yang tidak perlu diragukan. Berikut jenis-jenis epoxy lantai yang ada saat ini:

1. Epoxy Self Leveling

Epoxy jenis ini merupakan pelapis lantai yang diaplikasikan pada permukaan beton. Tujuannya adalah untuk melindungi dan membuat lantai lebih awet. Selain itu, epoxy self leveling juga menjadikan lantai lebih mudah dirawat.

Oleh karena itu, epoxy ini bisa menjadi pilihan agar lantai beton tidak mudah retak dan tetap halus dalam waktu yang lama. Uniknya, zat resin ini memiliki sifat self healing atau “menyembuhkan diri”. Cara kerjanya adalah dengan mengisi celah-celah lantai beton yang mulai mengalami keretakan.

Epoxy self leveling merupakan solusi yang tepat untuk lantai yang mengalami keretakan. Adapun manfaat utama dari epoxy ini adalah sebagai berikut:

  • Membuat warna lantai menjadi lebih menarik.
  • Lantai lebih mengkilap.
  • Memiliki daya tahan yang mumpuni.
  • Lantai mudah dibersihkan dan tetap mulus.
  • Tahan terhadap zat kimia lain.
  • Tahan suhu panas.

Baca lebih lengkap mengenai epoxy self levelling disini: Epoxy Self Levelling.


2. Epoxy Multi Layer

Epoxy multi layer merupakan bagian dari tahapan pengaplikasian epoxy, yaitu mulai dari cat dasar sampai dempul. Sedangkan tahapan finishing menggunakan epoxy self leveling. Pengaplikasian epoxy pada tahapan ini harus lebih tebal dibanding self leveling.

Oleh karena itu, epoxy multi layer yang digunakan harus memiliki ketebalan mikro paling sedikit 2000-3000 mikron. Jika kurang dari itu, hasilnya jadi tidak maksimal.

Pilihan warna yang disediakan pun cukup banyak, sehingga dapat mempercantik lantai. Manfaat-manfaat utama dari epoxy multi layer ini adalah sebagai berikut:

  • Membuat lantai mudah dibersihkan dan dirawat.
  • Dikenal sebagai epoxy anti slip jika ditambah pasir sebelum finishing.
  • Membuat lantai tidak slip.
  • Membuat lantai memiliki warna menarik.

Baca lebih lengkap mengenai epoxy multi layer disini: Epoxy Multilayer.


3. Epoxy Mortar

Jenis epoxy lantai berikutnya adalah epoxy mortar yang berasal dari campuran bahan keras dan padat yang mengering. Disebut mortar karena karakteristiknya yang kokoh, yaitu memiliki daya tahan yang tangguh terhadap berbagai benturan.

Komposisi epoxy ini yaitu resin epoxy yang dicampur hardener dan pasir silika hingga menghasilkan daya tahan mortar yang tangguh. Hal inilah yang membuatnya dapat menahan beban berat.

Epoxy jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai pelapis awal untuk kondisi lantai yang mudah pecah, kasar, dan bergelombang. Berikut manfaat-manfaat utama dari epoxy mortar ini:

  • Mampu memperbaiki dan menyambung keretakan di permukaan beton.
  • Digunakan sebagai campuran adonan aci pada konstruksi beton yang rapuh.
  • Menambal lubang pada permukaan beton yang mengalami keretakan.
  • Memperbaiki kerusakan pada pembesian beton.
  • Memperbaiki struktur beton yang rusak akibat percikan kimia.
  • Bersifat waterproofing sehingga lebih tahan lama.

Kenali lebih lengkap disini: Epoxy Mortar.


4. Epoxy 3D

Epoxy 3D sendiri merupakan desain lantai 3D yang pengaplikasiannya dibantu epoxy self-leveling. Bagi Anda yang menginginkan tampilan estetik di rumah, epoxy ini bisa meningkatkan visual ruang yang lebih maksimal.

Pengaplikasian epoxy 3D harus dilakukan pada permukaan lantai yang benar-benar halus. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas lukisan 3D yang dihasilkan pada lantai.  Selain itu, pelapisan epoxy primer atau cat dasar tidak boleh ketinggalan.

Setelah diberi epoxy primer, selanjutnya Anda bisa langsung melukis dengan pola 3D atau sesuai selera. Agar tampak lebih nyata, direkomendasikan untuk menggunakan cat epoxy 3D glossy dan hardener.

Tidak hanya dapat memberikan visual yang indah untuk lantai, epoxy 3D ini akan memberikan manfaat-manfaat berikut ini untuk lantai rumah Anda:

  • Membuat lantai terhadap asam, zat klorida, pembersih lantai, dan pemutih.
  • Tidak memiliki sambungan seperti keramik sehingga kebal terhadap debu, berbagai jenis kotoran, bahan kimia, dan tahan air.
  • Tampilan visual dapat bertahan lama.

5. Epoxy Anti-Static

Epoxy jenis ini bisa mengurangi bahaya statis yang mungkin terjadi. Seperti yang telah diketahui, sistem lantai biasanya mengandung bahan konduktor yang mengandung listrik statis. Hal tersebut berfungsi untuk menetralkan setiap potensi statis yang terjadi.

Penggunaan epoxy ini sangat dianjurkan di lingkungan yang banyak terdapat bahan-bahan mudah terbakar. Misalnya untuk daerah produksi yang tidak menghendaki listrik statis pada peralatan produksi di sebuah pabrik.

Epoxy ini bisa mengalirkan listrik statis tanpa grounding, karena menggunakan karbon konduktif dan tembaga. Berikut manfaat penggunaan epoxy jenis ini:

  • Sebagai kontrol statis untuk daerah industri, sehingga meningkatkan faktor keselamatan pekerja.
  • Mengurangi risiko kecelakaan kerja karena tersengat aliran listrik.

6. Epoxy Flake

Sesuai dengan namanya, epoxy ini akan memberikan kesan desai serpihan yang unik untuk lantai Anda. Epoxy flake umumnya diaplikasikan pada area seperti ruang makan teras, ruang tamu, dan kamar tidur.

Namun, ada juga jenis epoxy flake anti slip yang cocok digunakan pada lantai kamar mandi, lantai garasi, dan dapur. Dengan demikian, penggunaannya cukup fleksibel untuk berbagai tempat.  Anda bisa mendapat manfaat berikut ini dari pengaplikasian epoxy flake untuk lantai:

  • Membuat lantai anti slip.
  • Permukaan lantai dengan efek flakes yang unik.
  • Menghemat waktu pengerjaan karena tidak perlu membongkar keramik.

Berbagai jenis epoxy ini dapat Anda konsultasikan dengan jasa epoxy lantai guna mengenai jenis mana yang lebih tepat untuk lantai. Selain itu, dengan bantuan aplikator tersebut, ketebalan serta kombinasi material juga akan lebih sesuai dengan kebutuhan.

Semoga pembahasan mengenai jenis-jenis epoxy lantai di atas bermanfaat, ya! Dengan memahami lebih mendalam tentu Anda dapat menemukan jenis epoxy yang lebih tepat.