Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Surfacer

Cat epoxy yang Anda ketahui sebetulnya tersedia dengan berbagai jenis. Artikel kali ini mengupas tuntas mengenai perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer.

Sebelum mengaplikasikannya pada permukaan atau substrat, Anda diwajibkan mengetahui mengenai perbedaan dari kedua jenis epoxy tersebut.

Secara fungsional cat epoxy primer maupun surfacer digunakan untuk melapisi dinding, lantai, plafon bahkan material logam yang memiliki sifat korosi atau mudah berkarat.

Cat epoxy primer dan surface merupakan komponen cat yang tidak dapat dipisahkan secara fungsional. Komponen tersebut bila diaplikasikan akan menghasilkan lapisan finishing yang sempurna. Namun perlu diingat, ada urutan tahapan yang harus dilalui secara benar dan sistematis sehingga lapisan yang dihasilkan berfungsi dengan baik dan secara visual dapat memanjakan mata.

Nah, berikut ini akan dijelaskan perbedaan epoxy primer dan epoxy surface, simak sampai habis ya!

Perbedaan Antara Epoxy Primer dan Epoxy Surfacer

Epoxy Primer

Epoxy primer zat penyusunnya adalah epoxy amine adduct yang diolah khusus sehingga akan memberikan kesan halus pada permukaan saat melakukan finishing. Sangat umum digunakan pada dinding, lantai, plafon, material logam bahkan kendaraan sekalipun.

Epoxy primer sebagai cat lapisan dasar agar menunda atau memperlambat proses korosi. Selain memperlambat proses korosi, fungsi lainnya adalah untuk menutupi pori-pori, gompal, retak dan goresan pada permukaan substrat.

Biasanya digunakan juga untuk melapisi dempul. Memiliki keunggulan tahan terhadap zat cair dan memiliki daya lekat yang baik pada logam khususnya.

Tahap selanjutnya apabila sudah melakukan pengecatan pada substrat, bisa diamplas jika sudah mengering dalam jangka waktu 5 sampai dengan 6 jam. Jangka waktu pengeringan ini bergantung pada merek yang Anda gunakan.

Banyak sekali variasi merek yang ada di pasaran, seperti belkote, alfagloss, dan dana paint upox. Berbagai produsen cat epoxy juga menawarkan banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Nah, selanjutnya kita kupas tuntas mengenai epoxy surfarcer.

Epoxy Surfacer

Epoxy surfarcer dipilih karena berguna dalam melindungi cat dasar pada permukaan substrat seperti dinding, lantai, keramik, dan kendaraan.

Jadi fungsi paling penting dari epoxy surfarcer adalah melindungi substrat dari bahan-bahan pengecer pada produk lapisan yang akan digunakan untuk melapisi cat suatu substrat. Memiliki keunggulan yang sama seperti epoxy primer, yakni merekat dengan baik pada substrat atau permukaan.

Jangan heran, keistimewaan epoxy surfarcer mampu memberikan warna yang persis atau sangat mirip dengan warna asli substrat, atau warna sebelumnya pada substrat tersebut. Sehingga tepat digunakan apabila pada substrat yang sudah berwarna.

Ingat, sebelum mengaplikasikan cat pastikan substrat sudah bersih dengan mengaplasnya agar rata dan tidak menyisakan bekas minyak atau karet dan karat yang menempel misalnya. Gunakan sabun untuk mengangkat minyak yang membandel pada subtrat dan gunakan gerindra untuk menghilangkan karet dan karat yang menempel untuk melenyapkannya.

Jadi berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan mendasar antara epoxy primer dan epoxy surfarcer diantaranya:

  • Epoxy primer untuk cat atau pembongkaran bagian permukaan,
  • Epoxy surfarcer diaplikasikan setelah pewarnaan yang dasar sudah dilakukan,
  • Epoxy primer sebagai pelapis anti karat,
  • Epoxy surfarcer untuk menjaga warna dasar tidak berubah,
  • Epoxy primer dalam aplikasinya perlu dilakukan perontokan warna terlebih dahulu,
  • Epoxy surfarcer tidak perlu, Ia dapat menutup warna asli substrat sehingga cocok digunakan untuk menindih atau melapisi warna substrat.

Bicara soal harga keduanya memiliki kisaran harga yang hampir sama dipasaran. Meskipun secara fungsional amat berbeda. Anda dapat menemukan kedua jenis epoxy tersebut di toko material atau bangunan terdekat.

Tidak sulit mendapatkannya, tersedia banyak merek dagang yang dapat Anda pilih.

Seperti nippon paint, samurai, belkote, alfagloss, dana paint upox, epotone pro, puffin paint dan masih banyak lagi merek cat lainnya. Produsen cat epoxy menawarkan berbagai macam keunggulan untuk menarik minat pembeli, mulai dari daya rekat, hasil finishing, sampai dengan penggunaan cat yang sudah selesai diaplikasikan tidak berbau.

Selain produksi cat, tak jarang mereka juga menawarkan jasa epoxy lantai. Jadi, lebih terjamin karena mereka juga sebagai aplikatornya. Salah satunya adalah epoxynesia.com dari PT. Eltama Prima Indo yang juga memproduksi cat epoxy dengan merk Foxapaint.

Demikian artikel mengenai perbedaan epoxy primer dan surfarcer. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu Anda memahami perbedaan dari kedua jenis cat epoxy tersebut ya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *