Manfaat-Epoxy-pada-Lantai

10 Manfaat Epoxy pada Lantai

Bagi Anda yang menghendaki permukaan lantai beton yang kokoh, penggunaan pelapis epoxy bisa menjadi pilihan. Bahan resin kimia ini, diperoleh dari proses polimerisasi epoksida. Manfaat epoxy pada lantai tidak hanya sebagai pelindung, melainkan menambah nilai estetika.

Penggunaan epoxy biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya untuk melapisi lantai yang retak, menggunakan epoxy self leveling. Sedangkan permukaan lantai beton dengan kerusakan parah menggunakan epoxy mortar. 

10 Manfaat Epoxy pada Lantai

Penggunaan pelapis epoxy semakin diminati karena sangat efektif melindungi lantai. Area industri seperti gudang, pabrik, area parkir, dan lain-lain, biasanya menggunakan epoxy sebagai pelapis lantai beton. Namun, rumah hunian juga bisa menggunakan pelapis ini supaya lantai lebih mengkilap.

Jenis epoxy yang cukup bervariasi membuatnya bisa disesuaikan dengan masalah pada permukaan lantai. Misalnya lantai retak, berlubang, dan pembesian yang rusak. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat pelapis epoxy:

1. Memberikan Daya Tahan Lebih Baik

Pelapis epoxy banyak diaplikasikan di berbagai bangunan komersial. Bahkan tak jarang digunakan juga pada trotoar, dinding, langit-langit gedung bertingkat, lantai garasi, area parkir, dan masih banyak lagi.

Salah satu alasan yang membuat banyak orang menggunakan pelapis epoxy karena daya tahannya yang mumpuni. Dibanding cat biasa, lantai beton bisa berumur lebih panjang jika dilapisi cat epoxy. Terlebih untuk area produksi yang banyak menggunakan alat berat.

Tentunya permukaan lantai di area tersebut harus benar-benar kuat. Anda pun bisa menghemat uang karena epoxy dapat meminimalisir kemungkinan harus melakukan renovasi. Dengan demikian, Anda bisa fokus mengelola bisnis di bagian lainnya.

2. Sebagai Campuran Hardener

Zat resin epoxy digunakan pula sebagai hardener atau pengeras. Material ini biasanya digunakan untuk melapisi permukaan lantai beton. Epoxy akan bereaksi dengan zat kimia lainnya, seperti alkohol, asam, fenol, dan polifungsi.

Semua bahan dicampur dengan takaran tertentu sampai menjadi hardener yang berkualitas. Setelah tercampur rata, bentuk awalnya yang merupakan cairan akan menjadi lebih padat. Bahan campuran ini akan semakin kuat, tahan suhu panas, dan tahan terhadap cairan kimia.

Pada dasarnya, epoxy merupakan zat resin yang bersifat thermosetting. Hal ini karena reaksi bahan ini akan menghasilkan suhu panas internal dan membentuk suatu ikatan molekul. Molekul tersebut terikat erat dengan struktur pada polimer yang terbentuk.

3. Sebagai Bahan Perekat dan Coating

Epoxy dikenal memiliki sifat adhesi yang cukup kuat. Tak heran jika zat ini dapat bekerja dengan baik melindungi permukaan beton, logam, kaca, dan kayu. Selain itu, dapat pula melindungi beberapa jenis plastik dengan membentuk lapisan yang lebih keras.

Epoxy resin dapat digunakan untuk membentuk model cetakan, tuangan, dan perlengkapan lainnya untuk konstruksi. Zat resin ini cenderung mudah terurai jika didiamkan di bawah cahaya matahari.

Oleh karena itu, penting untuk melapisi lapisan epoxy dengan cat pernis sebagai finishing. Hal ini untuk menghindari epoxy terurai karena suhu panas. Terutama jika Anda mengaplikasikannya pada permukaan lantai di luar ruangan.

4. Kuat dan Tahan Lama

Permukaan lantai yang dilapisi epoxy dikenal lebih kuat dan tahan lama. Tak heran jika pelapisan epoxy ini menjadi salah satu bentuk investasi yang bisa Anda lakukan untuk konstruksi bangunan.

Tidak hanya itu, hal ini akan mencegah lantai dari kerusakan akibat tumpahan zat kimia. Epoxy yang telah diubah menjadi polimer padat bisa menjadi pelapis yang kokoh untuk lantai maupun dinding.

5. Tidak Memakan Banyak Waktu

Proses pengaplikasian lantai dengan epoxy relatif lebih cepat. Tidak hanya itu, pelapis ini lebih mudah dipasang terutama oleh aplikator profesional. Artinya, Anda bisa menghemat waktu ketika mematikan mesin produksi yang digunakan pabrik.

Sedikitnya shutdown time yang dibutuhkan bisa membuat proses produksi bisa dimulai kembali. Hal ini karena proses pengeringan epoxy yang tidak butuh waktu lama.

6. Memperindah Permukaan Lantai

Pelapis epoxy akan menambah nilai estetika permukaan lantai. Tak heran jika zat resin ini juga digunakan pada lantai showroom mobil mewah. Epoxy tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikan pola dan warna epoxy dengan mudah.

7. Tahan Bahan Kimia dan Korosi

Epoxy bisa tetap bertahan meski terkena percikan bahan kimia. Oleh karena itu, area pabrik farmasi membutuhkan pelapis lantai epoxy ini agar permukaan lantai tidak mudah rusak.

8. Sebagai Pelindung yang Kokoh

Epoxy bisa digunakan sebagai cat pelapis untuk lantai area pabrik. Lapisan permukaan lantai jadi lebih terlindungi dengan bahan resin yang terkandung dalam epoxy. Jika Anda menghendaki lantai yang awet dan berumur panjang, mengaplikasikan epoxy merupakan pilihan yang tepat.

9. Pembentuk Komponen dan Perekat Struktural

Bahan epoxy bisa digunakan sebagai komponen dan perekat struktural yang tahan lama. Tak heran jika bahan ini juga digunakan untuk membuat pesawat, kapal , dan mobil. Daya tahannya tidak hanya melindungi lantai, melainkan bagian lainnya.

10. Membuat Tampilan Lantai Lebih Elegan

Perekat, serat karbon fiberglass, dan material komposit masih menjadi cakupan dari epoxy. Satu paket epoxy biasanya sudah termasuk bahan resin dan hardener yang dikemas terpisah. Kedua bahan ini bisa dicampurkan secara merata sebelum digunakan.

Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikannya pada permukaan lantai agar terlindungi dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Terutama pada bagian yang membutuhkan manfaat pelapis epoxy untuk lantai.  Bagi Anda yang ingin memperbaiki struktur lantai, tentu pelapisan epoxy ini bisa jadi pilihan.

Beberapa manfaat epoxy pada lantai di atas bisa menjadi referensi agar Anda tidak ragu menggunakan zat resin ini. Terutama untuk area industri yang banyak mengoperasikan alat produksi yang berat serta rentan terhadap bahan kimia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *