Keunggulan dan Kekurangan Epoxy

Keunggulan dan Kelemahan Epoxy

Sama seperti cat pada umumnya, cat epoxy juga memiliki keunggulan dan kelemahan yang melekat sebagai karakteristiknya.

Kali ini kami akan menjelaskan mengenai keunggulan dan kelemahan cat epoxy agar dapat membantu Anda memahami karakteristik cat epoxy tersebut.

Pertama akan dibahas mengenai keunggulan lebih dulu.

Keunggulan Epoxy

1. Memproteksi

Ya, alasan pertama menggunakan epoxy pada lantai atau bagian lainnya adalah proteksi terhadap suatu hal. Biasanya proteksi terhadap bahan kimia, beban berat, atau kebutuhan tertentu lainnya.

Permukaan akan terlindungi dari noda, kelembaban, cairan zat kimia, dan bahkan permukaan yang retak yang biasanya rentan menimbulkan ancaman bagi orang-orang yang melintasi lantai tersebut.

2. Daya Tahan Lama

Sudah tidak heran keunggulan cat epoxy yang satu ini, yakni memiliki daya tahan yang cukup lama.

Berbeda dengan daya tahan cat yang tidak dilapisi epoxy, lantai akan cenderung tidak tahan terhadap beban, hantaman, cairan zat kimia, dan bakteri. Lantai yang tidak dilapisi cat epoxy punya ciri khas yakni akan cepat aus karena hasil gesekan di atas permukaan lantai.

Karena keunggulannya inilah tak heran banyak orang yang menggunakan cat epoxy untuk kalangan komersial maupun industrial.

3. Pembersihan Mudah

Proses pembersihan lantai juga akan menjadi lebih mudah karena noda dan kotoran tidak bisa masuk ke dalam lapisan permukaan yang sudah dicat.

Pembersihan permukaan mudah karena lantai menjadi merata tak bergelombang sehingga tidak ada noda kotoran yang tersisa bahkan menumpuk pada permukaan.

4. Pengaplikasian Mudah

Untuk proses pengaplikasiannya terbilang cukup mudah dengan catatan sesuai dengan aturan atau pencampuran cat yang sesuai dengan perbandingan yang pas. Bahan penyusun cat epoxy juga merupakan bahan yang ramah lingkungan sehingga tidak akan menyebabkan pencemaran yang akan membahayakan bagi penggunanya.

5. Biaya Relatif Murah

Nah, ini dia keuntungan yang ditunggu-tunggu. Dari sudut pandang biaya, harga cat epoxy relatif murah untuk implementasi pada pengerjaan proyek dalam skala besar. Misalnya pada permukaan garasi, parkiran, laboratorium, dan lapangan olahraga.

Pelapis epoxy merupakan pilihan untuk memproteksi permukaan substrat Anda, daripada tidak sama sekali yang tujuannya untuk meningkatkan daya tahan permukaan substrat Anda. Jangan ragu lagi untuk gunakan cat epoxy yaa!

Cukup sudah kita bahas keunggulan cat epoxy, sekarang kita beralih pada kelemahan cat epoxy.


Kekurangan Epoxy

1. Menimbulkan Bau

Bau yang dihasilkan dari proses pengecatan epoxy cukup menyengat. Apalagi jika pertama kali diterapkan pada permukaan lantai.

Bau yang dihasilkan berupa senyawa amonia yang cukup dominan.  Karenanya, untuk mengantisipasi selama proses pengecatan berlangsung, dapat menggunakan masker. Bau yang dihasilkan memang akan mengganggu kenyamanan kita.

2. Proses Pengaplikasian Lama

Nah, ini yang menjengkelkan. Saat pengecatan kita memang butuh ekstra sabar untuk mengaplikasikan cat epoxy tersebut. Karena proses pengeringannya memakan waktu 3-5 jam untuk kering sentuh dan waktu berhari-hari untuk waktu kering total.

Proses pelapisan atau pengecatan juga dilakukan bertumpuk atau berkali-kali. Jika lapisan pertama sudah selesai dilapisi cat maka setelah mengering akan dilapisi kembali dengan tujuan akhir permukaan yang rata dan tidak bercelah.

Untuk skala rumahan mungkin Anda bisa mencobanya dengan mempelajari dasar dari aplikasi cat ini, misalnya pada blog, web, atau YouTube.

Namun, untuk solusi yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan jasa epoxy lantai saja. Dari segi pengalaman, standar kerja, dan spesifikasi coating atau pelapisan epoxy pada lantai tentu melalui perhitungan yang matang.

Adapun harga jasa epoxy lantai sekitar Rp 50.000an per meternya.

3. Bersifat Temporer

Meskipun tahan lama, namun sifat dari cat ini adalah temporer atau sementara. Pada umumnya, perlu maintenance dalam jangka waktu tertentu untuk melihat apakah daya tahan lantai masih sesuai dengan spesifikasi kebutuhan atau tidak.

Anda perlu kenali betul permukaan yang Anda lapisi apakah menjadi permukaan yang sering berjatuhan zat kimia, lalu lintas orang dan kendaraan atau bahkan keluar masuknya debu. Hal ini yang akan dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan pengecatan secara berkala.

4. Tidak Tahan Sinar Matahari Langsung

Berhati-hatilah saat melakukan pengecatan, karena apabila permukaan yang sedang Anda cat terkena paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan adanya gelembung.

Hal ini disebabkan karena telah terjadinya proses blistering atau proses penggelembungan pada lapisan cat yang mengakibatkan pengelupasan. Hal ini tentu kian memperburuk kualitas dan hasil finishing pada lapisan permukaan Anda.

Dapat disimpulkan berdasarkan penjelasan di atas, bahwa keunggulan cat epoxy antara lain adalah dapat memproteksi, memiliki daya tahan yang lama, mempermudah dalam melakukan pembersihan, pengaplikasian mudah dan yang terpenting biaya murah.

Sementara kelemahannya dapat menimbulkan bau, memakan waktu yang lama dalam proses pengaplikasiannya, bersifat temporer atau sementara dan tidak tahan terhadap paparan sinar matahari langsung.

Itu dia artikel mengenai keunggulan dan kelemahan dari cat epoxy. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami karakteristik cat epoxy itu sendiri yaa! Sampai berjumpa pada artikel yang lain dilain waktu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *