Epoxy Waterproofing

Apa itu Epoxy Waterproofing dan Pentinganya bagi Properti?

Membuat struktur bangunan yang kokoh saja rasanya tidak cukup. Permukaan beton juga membutuhkan lapisan epoxy waterproofing untuk membuat struktur bangunan lebih berkualitas. Selain itu, struktur bangunan menjadi lebih awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun.

Rembesan air atau zat cair lainnya jika dibiarkan akan mempengaruhi struktur beton itu sendiri. Oleh karena itu, proteksi sedari dini pun perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan epoxy jenis waterproofing.

Apa itu Epoxy Waterproofing?

Berdasarkan etimologi bahasa, waterproofing didefinisikan sebagai setiap tindakan yang dilakukan agar objek tahan dari rembesan air.

Epoxy waterproofing adalah suatu teknik yang diaplikasikan pada pekerjaan konstruksi agar bangunan kedap terhadap air.

Setiap sudut permukaan bangunan perlu diberi lapisan yang bersifat kedap air, sehingga bisa disebut waterproofing. Pelapisan yang sempurna akan membuat permukaan lantai bisa membendung rembesan dan genangan air.


Keunggulan Epoxy Waterproofing

Seperti jenis epoxy lainnya, epoxy waterproofing juga memiliki sejumlah keunggulan. Anda bisa mendapati struktur bangunan yang lebih tahan lama dengan mengaplikasikan epoxy. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa keunggulan penggunaan epoxy waterproofing berikut ini:

1. Pelapis Tahan Air

Sesuai dengan  namanya, pelapis waterproofing ini akan membuat permukaan struktur bangunan menjadi tahan air. Selain itu, jenis epoxy ini juga kompatibel dengan berbagai jenis cat lantai. Dengan demikian, Anda akan mendapat manfaat maksimal dengan menambahkan pelapis waterproof.

Permukaan struktur bangunan pun menjadi tahan terhadap bahan kimia, anti slip, dan abrasi. Semua keunggulan ini akan didapatkan dengan lapisan epoxy, termasuk jenis waterproofing.

2. Warna Bisa Disesuaikan

Pelapis epoxy jenis waterproofing ini ternyata memiliki pilihan warna yang beragam. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Misalnya tema sebuah bangunan pabrik dengan warna tertentu. Anda juga bisa menggunakan lapisan epoxy yang sesuai.

3. Mudah Dirawat

Penggunaan epoxy jenis waterproofing akan membuat struktur bangunan menjadi lebih berkualitas. Selain itu, Anda akan mendapati perawatan yang sangat mudah dan menguntungkan. Terutama ketika menggunakannya sebagai penanda garis keselamatan di sebuah pabrik.

4. Mencegah Dinding Lembab

Bagian dinding pada bagian eksterior bangunan memang memerlukan perlakuan khusus. Hal ini karena bagian tersebut sering terkena cipratan dan terguyur air hujan. Terlebih jika bangunan berada di dekat jalan raya.

Dengan mengaplikasikan epoxy yang bersifat waterproofing, cat yang menempel pun akan lebih baik dan tidak mudah mengelupas. Selain itu, warna pada cat pun akan lebih hidup dan cerah.

5. Bangunan Lebih Awet dan Anti Bocor

Keunggulan ini menjadi salah satu yang utama dan penting dimiliki struktur bangunan. Misalnya ketika Anda mengaplikasikannya pada atap rumah. Rembesan air yang dibiarkan menembus atap akan merusak struktur bangunan perlahan tapi pasti.

6. Lantai Tidak Mudah Kotor dan Licin

Permukaan lantai yang diberi lapisan waterproof akan mengurangi tingkat kelicinannya. Hal ini pun akan berimbas pada permukaannya jadi tidak mudah kotor terkena debu.

7. Nilai Bangunan Menjadi Lebih Mahal

Properti bangunan yang bersifat waterproofing akan bernilai lebih tinggi dibanding yang tidak. Hal ini karena sifat waterproofing termasuk ke dalam tindakan asuransi ketika terjadi kerusakan bangunan.

8. Resiko Renovasi Lebih Kecil

Mengaplikasikan lapisan waterproofing akan memperkecil resiko melakukan renovasi. Terutama ketika Anda melakukannya di awal pembangunan gedung atau pabrik. Dengan demikian, hal ini akan menghemat anggaran yang dikeluarkan di kemudian hari.


Alasan Bangunan Membutuhkan Epoxy Waterproofing

Masih banyak perusahaan yang mengabaikan lapisan waterproofing. Padahal, banyak manfaat yang bisa dirasakan jika menggunakan lapisan ini pada struktur bangunan. Bahkan gedung yang bersifat waterproofing akan tampak perbedaannya dengan jelas dibanding non-waterproofing.

Terdapat beberapa alasan kenapa sebuah bangunan membutuhkan epoxy jenis waterproofing ini, yaitu sebagai berikut:

  • Agar dinding bangunan tidak mudah lembab, berjamur, dan lapuk
  • Menghindari atap mengalami kebocoran parah
  • Mengatasi lantai yang terlalu licin

Jika kondisi demikian dibiarkan saja tanpa perbaikan, tentunya akan berakibat berbahaya, terutama di lingkungan pabrik, gudang, dan lainnya. Selain itu, hal tersebut akan mengganggu penghuni bangunan itu sendiri.


Cara Kerja Epoxy Waterproofing

Pengaplikasian epoxy jenis waterproofing yang disarankan adalah pada permukaan lantai dan dinding. Hal ini untuk mengatasi kerusakan seperti permukaan lantai tidak rata, berlubang, dan terlalu licin. Berikut cara kerja epoxy waterproofing:

  • Pelapisan waterproofing dilakukan sebelum permukaan lantai melalui proses finishing. Selain itu, pastikan aplikator epoxy yang dipilih benar-benar berkualitas dan terpercaya.
  • Lakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap permukaan dinding dan lantai. Pastikan permukaan harus bersih dari kotoran, seperti lumpur, tanah, minyak, dan oli.
  • Instalasi pipa harus sudah diproteksi dan dipasang dengan benar pada bangunan tersebut.
  • Kikis permukaan dinding dan lantai yang sudah rapuh dengan kape scrap atau alat pahat lainnya.
  • Bersihkan permukaan dinding dan lantai dengan sikat kawat lalu bilas dengan air bersih.
  • Aplikasikan waterproofing mulai dari sudut pertemuan permukaan lantai serta dinding dengan kuas atau roll.
  • Setelah itu, lanjutkan pengaplikasian dengan kain kasa dan lapisi kembali dengan zat waterproofing coating. Lakukan di sepanjang pertemuan sudut antara dinding dan lantai.
  • Pastikan pelapisan waterproofing pada dinding minimal 20 cm dari permukaan lantai.
  • Aplikasi epoxy jenis waterproofing bisa dilakukan dengan percobaan rendam terlebih dahulu paling sedikit 1×24 jam.
  • Jika sudah selesai, lanjutkan finishing dengan sistem screeding di bagian permukaan.

Menggunakan lapisan epoxy waterproofing menjadi salah satu bentuk investasi bangunan agar lebih tahan lama dan tidak mudah bocor. Hal ini akan mencegah Anda melakukan renovasi besar-besaran, yang tentunya akan mengeluarkan biaya yang lebih besar dibanding menggunakan waterproofing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *