Epoxy Anti Static

Apa itu Epoxy Anti Static & Pentingnya untuk Keselamatan Kerja

Epoxy anti static menjadi salah satu bentuk perlindungan pada permukaan lantai beton. Bahan ini berasal dari resin kimia yang banyak digunakan di berbagai bidang industri. Terutama bagi yang banyak mengoperasikan alat berat di atas permukaan lantai pabrik.

Sesuai dengan namanya, jenis epoxy ini berhubungan dengan listrik statis di suatu bidang. Penggunaan epoxy pada permukaan lantai sangat penting dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

Definisi Epoxy Anti Static

Epoxy lantai anti static adalah bahan resin yang digunakan untuk mengontrol sifat anti statis pada lokasi industri atau produksi. Hal ini perlu diterapkan untuk meningkatkan faktor keselamatan bagi pekerja.

Jika Anda membutuhkan kondisi anti static yang mumpuni untuk lantai tempat usaha, epoxy jenis ini adalah pilihan yang tepat. Pembuatan anti static bisa dilakukan setelah proses instalasi konduktor listrik. Sedangkan untuk merapikannya, digunakan teknologi static flooring.

Hal ini akan membuat tampilan permukaan lantai menjadi bersih, rapi, indah, dan tentunya aman. Tak heran jika epoxy lantai anti static ini juga bisa berfungsi untuk menambah estetika.


Keunggulan Epoxy Anti Static

Epoxy yang merupakan resin kimia ini memiliki sejumlah keunggulan yang bisa didapatkan. Tidak hanya membuat lapisan lantai lebih aman, penggunaan epoxy ini juga membuat lantai lebih menarik. Untuk lebih jelasnya, berikut keuntungan yang bisa didapatkan dari epoxy lantai anti static:

1. Meningkatkan Faktor Keselamatan

Faktor keselamatan kerja bisa ditingkatkan dengan mengaplikasikan anti static epoxy pada lantai atau dinding pabrik. Tidak hanya bagi personel kerja itu sendiri, melainkan untuk tamu yang datang berkunjung.

Memberikan kontrol statis yang baik akan meminimalisir potensi kecelakaan kerja. Terutama yang diakibatkan karena adanya muatan listrik statis di permukaan lantai.

2. Mencegah Bencana Akibat Percikan Api

Percikan api cukup berbahaya dan rentan terjadi di lingkungan kerja. Kondisi ini kerap kali terjadi karena dua benda bergesekan. Selain itu, bisa juga karena material yang mengandung elektron yang tidak seimbang di kondisi tertentu.

Ketidakseimbangan tersebut bisa menjadi faktor timbulnya percikan api. Jika dibiarkan, hal ini bisa menjadi penyebab timbulnya ledakan atau kebakaran.

3. Daya Tahan Beban yang Tangguh

Epoxy jenis ini memiliki daya tahan beban yang mumpuni. Permukaan lantai jadi tidak mudah retak atau rusak akibat beban berlebih. Oleh karena itu, epoxy ini bisa menjadi pilihan untuk dinding dan lantai yang awet.

4. Porositas Rendah

Lantai yang sudah dilapisi epoxy coating jenis ini memiliki porositas yang lebih rendah. Hal ini karena noda dan kotoran yang berada di permukaan lantai tidak langsung meresap.

5. Pilihan Warna Beragam

Pilihan warna yang beragam menjadi keunggulan berikutnya dari epoxy lantai anti static. Dengan demikian, resin pelapis lantai ini tidak hanya dapat melindungi permukaan lantai dengan baik, melainkan juga memiliki fungsi dekoratif yang dapat memperindah tampilan lantai.


Alasan Perlunya Epoxy Anti Static di Area Industri

Suatu area industri membutuhkan kontrol statis yang baik sebagai bentuk perlindungan terhadap pegawai. Mungkin Anda pernah mendengar kecelakaan tenaga kerja akibat tersengat listrik. Hal ini bisa jadi karena kontrol statis permukaan lantai beton yang buruk.

Selain itu, diperlukan lapisan resin yang pas untuk mengatasi ketidakseimbangan elektron suatu benda. Dengan demikian, kecelakaan kerja akibat ledakan bisa diminimalisir. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mengaplikasikan permukaan lantai dengan anti static epoxy ini.


Tahapan Pengerjaan Epoxy Anti Static

1. Survei Lapangan

Tahap pertama pengerjaan epoxy lantai static adalah melakukan survei lapangan. Area tempat Anda harus dilihat terlebih dahulu untuk menentukan metode yang tepat dalam pengecatan epoxy. Selain itu, nantinya juga akan ditentukan sistem pengaplikasian anti static epoxy flooring yang sesuai.

2. Persiapan Lantai

Sebelum dilapisi epoxy jenis ini, lantai harus dipersiapkan dengan baik. Tahapan ini dilakukan dengan menghilangkan faktor-faktor yang akan menghambat pengecatan epoxy lantai anti static.

3. Pengawasan Pengaplikasian

Setelah persiapan selesai, pengecatan epoxy bisa langsung dilakukan. Tahapan ini perlu diawasi dan dikontrol dengan baik. Hal ini dilakukan agar pengaplikasian anti static epoxy flooring bisa terlaksana sesuai keinginan. Selain itu, pengawasan juga dilakukan agar bahan anti static benar-benar pas.


Cara Memilih Epoxy Lantai Anti Static yang Tepat

Kebutuhan area industri terhadap lantai anti static tentu beragam. Selain itu, hal ini juga tergantung penempatan dan biaya yang diperlukan. Pemilihan epoxy yang tepat sangat diperlukan untuk memaksimalkan fungsinya. Berikut cara-cara memilih epoxy lantai anti static yang tepat:

  • Tentukan range daya tahan electrostatic yang dibutuhkan, yaitu conductive range : 104 – 106 ohm atau dissipative range : 106 – 109 ohm.
  • Tentukan berat beban yang akan ditanggung permukaan lantai, yaitu level light duty, medium duty, atau heavy duty.
  • Seberapa sering traffic aktivitas yang terjadi di lantai tersebut, apakah normal atau sangat padat.
  • Jenis bahan kimia apa yang sekiranya akan mengenai permukaan lantai di area produksi/gudang.
  • Tentukan warna cat epoxy lantai anti static yang akan digunakan.

Industri yang Disarankan Menggunakan Epoxy Anti Static

Setiap area industri memang menghasilkan debu yang bisa menjadi sumber masalah listrik statik. Selain itu, kontrol statik yang buruk bisa berakibat serius, sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. Untuk meminimalisir hal tersebut, diperlukan pelapisan cat epoxy pada permukaan lantai.

Berikut industri yang disarankan menggunakan epoxy anti static di lantai atau dinding:

  • Industri elektronik
  • Industri amunisi
  • Industri pita magnetik
  • Industri giroskop
  • Industri CD dan DVD player
  • Industri bahan kimia
  • Industri komponen mesin
  • Industri otomotif
  • Industri pengolahan minyak
  • Industri tabung TV
  • Industri makanan
  • Industri farmasi

Epoxy anti static memang bisa menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan faktor keselamatan kerja.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk mengaplikasikan bahan resin ini di area industri. Untuk menghindari kecelakaan kerja, gunakan epoxy jenis ini, ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *