Cara-Mengecat-Lantai-dengan-Epoxy

Cara Mengecat Lantai dengan Epoxy

Cara mengecat lantai dengan epoxy perlu dilakukan menggunakan teknik yang benar untuk menciptakan ketahanan maksimal pada lantai. Selain itu, agar lantai memiliki pelindung dari resapan zat cair dan bahan kimia yang bisa mengurangi kualitas lantai beton.

Penggunaan zat epoxy sendiri bukan sesuatu yang asing lagi di area industri. Cairan ini terdiri dari campuran bahan resin dan hardener. Pengaplikasian dilakukan untuk membuat pelindung tipis namun kuat pada lantai beton.

Cara Mengecat Permukaan Lantai dengan  Epoxy

Tidak hanya memberikan perlindungan, aplikasi cat epoxy juga dapat memberikan nilai estetika. Permukaan lantai menjadi lebih mengkilap, ruangan pun terlihat lebih bersih, elegan, dan cantik. Berikut langkah-langkah mengecat permukaan lantai dengan epoxy:

1. Persiapan Permukaan Lantai

Aplikator epoxy lantai yang profesional pasti melakukan prosedur persiapan permukaan lantai dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menentukan adhesi antara substrat dan cat epoxy lantai yang pas. Metode yang bisa dilakukan adalah dengan grinding atau pengamplasan.

Pastikan permukaan lantai telah rata. Namun, perlakukan khusus juga diperlukan jika lantai dalam kondisi tertentu. Misalnya diperlukan pembersihan dengan bahan kimia, jika permukaan lantai terkontaminasi minyak.

2. Pembersihan Lantai dari Debu

Pembersihan lantai dari debu bisa dilakukan dengan vakum industri. Berbagai partikel debu perlu dibersihkan sebelum memulai pelapisan pertama dengan cat primer. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada partikel yang terjebak di dalam coating.

Jika hal tersebut terjadi, tingkat adhesi akan melemah secara signifikan. Semakin minim debu di permukaan lantai beton, maka Anda akan semakin menghemat cat primer.

3. Pelapisan Lantai dengan Cat Primer

Cara mengecat lantai dengan epoxy berikutnya adalah melapis lantai dengan cat primer. Proses ini penting dilakukan, namun sebagaian orang masih ada yang beranggapan melapis primer tidak diperlukan. Padahal, lapisan ini akan membuat lantai berumur lebih panjang.

Selain itu, daya tahan terhadap beban pun menjadi lebih baik. Ditambah tingkat adhesi yang dapat merekat dengan kuat pada substrat. Cat primer ini akan menghilangkan risiko gelembung dan gas karena akan melapis substrat dengan baik.

Selain itu, langkah ini juga akan mengurangi jumlah zat pelapis berikutnya yang dibutuhkan. Untuk membuat lapisan primer ini, pastikan area tersebut memiliki sistem ventilasi yang baik.

4. Pengaplikasian Lapisan Pertama Cat Epoxy

Langkah berikutnya adalah membuat lapisan pertama dari cat epoxy. Langkah ini dilakukan dengan mencampurkan dua komponen epoxy, yaitu hardener dan bahan resin epoxy. Untuk mencampurnya secara merata, gunakan mixer listrik selama dua menit.

Proses pencampuran dua bahan ini perlu dilakukan dengan takaran yang pas. Jangan sampai kurang karena karena hasilnya akan buruk untuk permukaan lantai. Oleh karena itu, pencampuran komponen ini perlu dilakukan aplikator epoxy yang profesional.

5. Mengaplikasikan Cat Epoxy dengan Roller

Setelah mencampur dua komponen utama epoxy, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cat epoxy dengan roller. Sebaiknya gunakan alat roller berkualitas bagus karena tidak akan mudah terlepas saat digunakan.

Setelah 24 jam, Anda perlu melakukan pelapisan ini lagi. Setelah pelapisan pertama dilakukan mungkin Anda akan menemukan bagian-bagian yang tidak sempurna. Misalnya permukaan lantai yang terdapat lubang, retakan, dan lain-lain.

Segera atasi permasalahan tersebut dengan menambalnya sebelum membuat lapisan epoxy berikutnya. Beberapa bagian permukaan mungkin juga perlu diamplas agar lantai benar-benar merata. Sebelum membuat lapisan kembali, pastikan yang sebelumnya sudah mengering.

6. Mengaplikasikan Lapisan Terakhir

Sebelum mengaplikasikan lapisan epoxy terakhir, pastikan semua retakan dan lubang sudah terisi. Selain itu, singkirkan debu-debu yang masih ada di permukaan lantai. Jika debu dan retakan di biarkan, Anda akan mendapati tekstur yang buruk di permukaan akhir.

Perlu diingat bahwa sebagian besar cat epoxy memiliki pot life atau masa pakai, yaitu kurang lebih selama 40 menit. Oleh karena itu, disarankan untuk mencampurkan komponen epoxy satu ember sekaligus, terutama ketika sudah akan memulai pengaplikasian.


Tips dan Trik Mengecat Lantai dengan Epoxy

  • Sebaiknya permukaan lantai beton yang akan dilapisi epoxy memiliki daya tahan beban minimal 225 kg/cm2. Hal ini untuk mencegah penurunan yang terjadi ketika lantai diberi beban.
  • Minimal umur lantai beton adalah 28 hari dan telah mengering sempurna. Selain itu, beton sudah memiliki tingkat kelembaban sampai 80% RH.
  • Apabila permukaan lantai beton berdiri di atas tanah, maka sebaiknya diberi lapisan khusus. Gunakan lapisan yang bisa menghalangi uap air atau bersifat water vapour barrier.
  • Aplikator epoxy, pekerja lain, atau siapapun yang terlibat dalam pengerjaan coating epoxy dilarang merokok.
  • Kendaraan berat seperti hand pallet, forklift, dan lainnya, baru boleh melewati area lantai yang di epoxy 7 hari pasca pelapisan lantai.
  • Lantai beton yang akan dilapisi epoxy memiliki permukaan yang halus, tidak kasar, rata, dan tidak bergelombang.
  • Gunakan peralatan yang memadai saat melakukan proses pengecoran lantai. Selain itu, perhatikan ketinggian lantai yang diukur dengan alat khusus.
  • Pastikan permukaan lantai bersih dari partikel debu, kotoran, termasuk oli, minyak, pasta, dan cairan lainnya.  Selain itu, saat pembersihan pun gunakan takaran sabun cair dan air yang tidak terlalu banyak.
  • Diamkan lantai beton selama dua hari setelah dibersihkan. Langkah ini termasuk ke dalam persiapan awal sebelum pengaplikasian cat epoxy.

Cara mengecat lantai dengan epoxy memang harus mengikuti prosedur dan metode yang sesuai. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil permukaan lantai yang terlindungi, mengkilap, dan tahan terhadap beban di atasnya.

Oleh karena itu, tenaga yang profesional di bidang epoxy pun diperlukan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *