Epoxy Self Levelling: Apa itu, Keunggulan, Cara Pengaplikasian

Anda hendak epoxy lantai dengan epoxy self levelling? Agar tak salah pilih yuk ketahui disini dari definisi, keuntungan, & contoh penggunaannya pada industri.


Bagi Anda yang ingin mempercantik lantai hunian, epoxy self leveling bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara kerja zat resin ini dapat mempermudah pekerjaan aplikator epoxy. Dengan demikian, permukaan lantai rumah bisa mulus sempurna.  

Epoxy jenis ini memiliki kemampuan untuk membentuk tekstur yang rata pada permukaan lantai. Tidak semua jenis epoxy memiliki ciri khas seperti ini, misalnya pada epoxy jenis coating dengan roller yang memberikan agak kasar seperti kulit jeruk.

Apa itu Epoxy Self Levelling?

Epoxy self leveling adalah jenis epoxy lantai yang memiliki keunggulan utama untuk meratakan permukaan lantai dengan sendirinya. Oleh karena itu, epoxy ini dikenal dengan kemampuannya yang self healing atau menyembuhkan sendiri.

Ketika Anda mengaplikasikan epoxy ini di permukaan lantai, maka ia akan menyebar dengan merata ke celah-celah beton lantai. Proses inilah yang nantinya dapat menciptakan permukaan lantai yang mulus dan harus.

Epoxy lantai self leveling menjadi salah satu primadona dan banyak digunakan. Hal ini karena kemampuannya yang dapat melindungi, memperpanjang usia lantai, dan tentunya membuatnya lebih cantik. Epoxy ini menjadi solusi untuk permukaan lantai beton yang retak-retak.


Keunggulan Epoxy Self Leveling

Keuntungan epoxy lantai self leveling begitu beragam, bahkan tidak hanya untuk lantai rumah hunian agar lebih mulus. Epoxy ini juga banyak digunakan di berbagai industri. Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengaplikasikan epoxy ini adalah sebagai berikut:

1. Permukaan Lantai Jadi Mulus

Keuntungan ini bisa dirasakan untuk lantai di tempat industri. Permukaan yang mulus dapat membuat pergerakan forklift lebih ideal dan lancar. Tidak hanya itu, kendaraan beban berat lainnya bisa beroperasi terus-menerus karena permukaan yang rata.

2. Lantai Mudah Dibersihkan

Zat epoxy ini akan menyebar dengan sendirinya ke celah-celah lantai beton. Hal ini membuat lantai lebih mudah dibersihkan karena tidak ada penumpukan kotoran ataupun bakteri. Lantai tanpa celah akan membuatnya rata dan mudah dirawat.

3. Memberikan Daya Tarik Estetis

Epoxy jenis ini dapat memberikan kesan estetik di sebuah ruangan. Hal ini karena tampilan glossy yang begitu menarik dan tampak mulus. Selain itu, zat resin ini akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas.

Tak heran jika penggunaan epoxy lantai self leveling tidak hanya untuk rumah hunian. Banyak yang merekomendasikan epoxy ini untuk  lantai tempat komersial, misalnya showroom mobil mewah.

4. Memperbaiki Kerusakan Lantai Beton

Epoxy yang bersifat self healing ini bisa memperbaiki keretakan yang sudah lama dialami lantai beton. Tidak butuh lama untuk mendapatkan hasil perbaikan tersebut. Retak-retak pada lantai beton akan hilang begitu saja setelah aplikasi.

Epoxy ini memiliki teknologi khusus agar bisa langsung mencari celah keretakan di permukaan lantai. Hal inilah yang membuatnya memberikan efek yang cepat terlihat.

5. Anti-Slip

Keuntungan berikutnya dari aplikasi epoxy lantai self leveling adalah bisa diterapkan dengan aditif anti-slip. Ini adalah fitur yang hebat dan dibutuhkan untuk lokasi pabrik atau gudang manufakturing. Mengingat tempat tersebut berpotensi menciptakan bahaya keselamatan pekerja jika lantai basah.

Lantai yang anti-slip tentu akan lebih mempermudah pekerjaan dan fasilitas di permukaan lantai. Tak heran jika banyak industri yang sudah menerapkannya sebagai upaya mengurangi kecelakaan di tempat kerja. Terlebih jika banyak kendaraan berat yang beroperasi di atas lantai beton.

 6. Tidak Ada Bau Setelah Kering

Epoxy lantai ini tidak hanya bisa menahan dampak goresan, scuffing, kerusakan panas, dan kerusakan kimia saja. Epoxy ini juga tidak akan memberikan bau setelah mengering. Hal ini karena penggunaan solvent yang hanya terdiri dari dua komponen, yaitu hardener dan base epoxy.

7. Efek Glossy dan Warna

Epoxy lantai self leveling tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat memberikan efek glossy. Warna yang diberikan bisa digunakan untuk dekorasi yang menunjukkan pola sesuai selera Anda.

Oleh karena itu, penggunaan epoxy ini tidak hanya efektif untuk perbaikan lantai beton, melainkan juga dalam segi dekoratif.


Struktur Epoxy Self Leveling

Struktur epoxy lantai self leveling terdiri dari beberapa lapisan untuk melindungi lantai Anda. Struktur ini terbagi menjadi beberapa standar tahapan pelapisan sebagai berikut:

  • Primer Coating
  • Intermediate Coating
  • Top Coating
Struktur Epoxy Self Levelling

Tiga tahapan tersebut merupakan standar pengaplikasian epoxy lantai leveling pada permukaan lantai beton. Selain itu, bisa juga ditambah dengan tahap aplikasi cat plamir atau dempul. Zat tersebut digunakan untuk mengatasi keretakan lantai beton, sekaligus mengurangi gelombang permukaan.


Contoh Industri yang Butuh Epoxy Self Leveling

Setelah memahami berbagai keuntungan epoxy jenis ini, tentu banyak industri yang membutuhkan aplikasi zat resin ini. Terutama industri yang berbagai aktivitas dan fasilitasnya menggunakan lantai beton. Manfaat dari epoxy lantai self leveling ini akan begitu terasa.

Epoxy jenis ini sudah banyak digunakan di berbagai bidang bisnis, misalnya toko retail, gudang manufaktur, sampai showroom mobil. Tidak sedikit pula yang memilih epoxy ini untuk memberikan efek estetik untuk rumah hunian.

Epoxy ini bisa digunakan di kamar mandi dan dapur sebagai keamanan karena memiliki sifat anti-slip. Selain itu, epoxy ini akan memberikan kesan estetika sekaligus daya tahan yang tangguh untuk lantai. Epoxy lantai self leveling sangat cocok untuk industri pabrik, perkantoran, dan property.

Tentunya penggunaan epoxy ini akan memberikan efek keamanan dan estetika yang maksimal untuk industri-industri di bawah ini:

  • Gelanggang olahraga
  • Gudang inventory
  • Gudang manufaktur
  • Basement parkir
  • Dapur restoran
  • Rumah sakit
  • Hanggar pesawat
  • Show room

Epoxy self leveling memang memberikan banyak manfaat untuk berbagai industri dan rumah hunian. Tidak hanya menambah kesan estetik lantai yang glossy, epoxy ini juga memberikan fitur keamanan dan perlindungan.

Untuk pengaplikasiannya, Anda dapat menyerahkannya pada aplikator jasa epoxy lantai. Salah satunya adalah kami epoxynesia.com yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan client dari berbagai industri, baik skala industri hingga rumah.

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis
Konsultasi Kebutuhan dengan Ahlinya
Hello 👋
Konsultasikan Kebutuhanmu Sekarang