Apa itu Epoxy Multilayer dan Bagaimana Keunggulannya?

Memberikan kenyamanan dan keamanan yang mumpuni untuk permukaan lantai industri sangat penting dilakukan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaplikasikan epoxy multilayer. Zat resin ini memberikan perlindungan untuk berbagai aktivitas di permukaan lantai.

Seperti yang telah diketahui, zat epoxy sendiri merupakan resin dari reaksi kimia polimer epoksida. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan penggunaannya sebagai pelindung permukaan lantai. Untuk epoxy lantai multilayer, memiliki keuntungan tersendiri ketika Anda mengaplikasikannya.

Apa itu Epoxy Multilayer?

Epoxy multilayer adalah sebuah teknik pengecatan dengan bahan resin epoxy agar permukaan lantai tidak licin dan tidak slip. Sesuai dengan namanya, zat ini memberikan proteksi multi layer dengan yang dikenal lebih tebal (1000-2000µ).

Hal ini karena adanya penambahan campuran pasir silika dengan ukuran partikel ±0,3-0,7 mm. Namun, agar hasilnya lebih maksimal ketebalan yang dihasilkan bisa mencapai 2000-3000µ. Teknik multilayer ini dibutuhkan untuk aktivitas di permukaan lantai yang lebih leluasa dan tidak licin.


Keunggulan Epoxy Multilayer

Seperti jenis epoxy pada umumnya, epoxy lantai multilayer ini juga memberikan keunggulan. Permukaan lantai akan lebih terlindungi dengan pemberian layer resin yang cukup tebal. Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengaplikasikan zat ini pada lantai, yaitu:

1. Membuat Lantai Tidak Licin

Permukaan lantai yang licin bisa berakibat berbahaya untuk berbagai pekerjaan yang dilakukan di atasnya. Terlebih di tempat-tempat yang sering ketumpahan air, minyak nabati, maupun oli mesin. Dengan demikian, di berbagai lokasi industri pengaplikasian epoxy ini sangat penting.

2. Anti-Slip

Epoxy lantai multi layer memang memberikan perlindungan dengan layer yang tebal. Hal inilah yang menyebabkannya memberikan manfaat anti slip. Lantai yang anti slip tentu akan mempermudah berbagai fasilitas dan alat berat beroperasi di atasnya.

Epoxy ini memang dikenal dengan kemampuan anti slip yang mumpuni. Tak heran jika banyak orang yang juga mengenalnya sebagai epoxy anti slip. Hal ini karena adanya tambahan pasir silika sebelum tahapan epoxy top coating.

3. Tahan Terhadap Goresan

Epoxy jenis ini menggunakan tahapan pengerjaan yang terdiri dari cat dasar (primer), dempul (plamir), dan proses finishing sama dengan epoxy self leveling. Tak heran jika permukaan lantai begitu maksimal terlindungi. Hal inilah yang membuat lantai menjadi lebih tahan terhadap goresan.

4. Bersifat Waterproof dan Dustproof

Sifat waterproof pada permukaan lantai akan mempermudah kendaraan pabrik melaju di atasnya. Selain itu, permukaan lantai akan lebih mudah dibersihkan. Manfaat lainnya adalah lantai menjadi dustproof atau tidak mudah dikotori dengan partikel debu.

5. Memberikan Strength Lebih Besar dari Beton

Epoxy lantai multilayer terbuat dari silika yang kuat menahan beban di atas permukaan lantai. Bahkan bahan resin ini memberikan strength yang lebih besar dari beton. Jika Anda ingin memberikan perlindungan maksimal untuk lantai, epoxy jenis ini tentu bisa menjadi pilihan.

6. Warna yang Lengkap

Epoxy ini memiliki koleksi warna cat yang lengkap. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan selera, baik untuk industri maupun rumah hunian.

Pilihan warna yang tersedia di antaranya adalah white, light grey, ivory, light alabaster, beige, light blue, grey, blue purple, pale green, victoria, dark green, geranium, maize yellow, dan graphite grey. Pilihlah warna sesuai selera Anda dan buat permukaan lantai yang cantik dan menarik.


Struktur Epoxy Multilayer

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat struktur epoxy lantai multilayer. Jika pengecatan epoxy dilakukan di atas permukaan beton, pastikan kualitas beton minimal K300. Beton juga harus dalam keadaan kering, setidaknya sudah berusia 28 hari pasca pengecoran.

Perhatikan pula kelembaban maksimal beton sebesar 5%. Kondisi ini bisa diukur dengan alat elcometer. Pengaplikasian epoxy lantai multilayer juga sebaiknya di permukaan beton yang bersih, tanpa acian, trowel finish, dan tidak bergelombang.

Agar hasilnya lebih maksimal, bagian bawah lantai bisa dilapisi plastik sheet atau waterbarier terlebih dahulu. Adapun struktur pada epoxy lantai multilayer adalah sebagai berikut:

1. Epoxy Primer

Lapisan pertama dari pengaplikasian epoxy lantai multilayer adalah dengan cat dasar atau epoxy primer. Ketebalan cat dasar yang ideal adalah sebesar 100 mikron.

2. Epoxy Plamir

Lapisan kedua adalah mengaplikasikan cat dempul atau epoxy plamir. Untuk ketebalan lapisan ini, disesuaikan dengan permintaan konsumen dan kondisi lapangan.

3. Epoxy Self Leveling

Lapisan ketiga adalah epoxy self leveling yang bisa meratakan dirinya sendiri pada celah-celah permukaan lantai beton. Tebal lapisan ini adalah sekitar 1 mm.

Agar tiga struktur epoxy lantai multilayer bisa bekerja maksimal, pastikan kondisi lantai sebelumnya benar-benar bebas dari oli, minyak, dan kotoran. Hal ini agar epoxy bisa merekat dengan baik di permukaan beton, sehingga memberikan perlindungan maksimal.

Jika kerusakan beton terjadi cukup lama, pembersihan bisa dilakukan dengan teknik biasa maupun dengan bantuan zat kimia. Jika diperlukan, pelapisan epoxy mortar bisa dilakukan jika lantai benar-benar rapuh atau retak.


Contoh Industri yang Memerlukan Epoxy Multilayer

Seperti yang disebutkan di atas, epoxy jenis ini diaplikasikan agar permukaan tidak licin. Bahkan dalam keadaan terkena minyak nabati, air, maupun oli mesin sekalipun. Dengan demikian, penggunaan epoxy lantai ini sangat cocok di berbagai bidang industri dan bisnis.

Contoh industri yang memerlukan epoxy lantai multilayer adalah lantai pabrik, gudang manufakturing, restoran, dan tempat penyimpanan barang lainnya. Terutama yang rentan basah terkena air, oli sintetis, maupun minyak nabati.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat dari epoxy multilayer? Epoxy jenis ini akan memberikan perlindungan anti slip yang maksimal untuk permukaan lantai. Tak heran jika sebutan lain untuk epoxy ini adalah epoxy anti-slip.

Untuk vendor yang berpengalaman, Anda bisa serahkan pengaplikasian epoxy ini pada kami, epoxynesia.com. Kami telah berpengalaman sebagai jasa epoxy lantai untuk berbagai wilayah Indonesia dengan client dari berbagai industri, baik perusahaan nasional maupun instansi pemerintahan.